Sabtu, 01 Desember 2012

Kebahagiaan Memberi

Bersumbangsih itu bukan hanya memberikan materi saja
 
Kondisi keamanan umum di Afrika Selatan kurang begitu baik, tidak sedikit relawan Tzu Chi di sana yang pernah mengalami perampokan.

Pernah sekali ada seorang relawan yang kembali ke Taiwan dan mengisahkan perampokan yang dialaminya, dia mengatakan: "Sungguh bersyukur! Master, untung nyawa saya tidak ikut dirampoknya."
Saya mengatakan: "Apakah anda menjadi patah semangat?" Dia menjawab: "Tidak akan, itu hanya disebabkan karena apa yang telah kita perbuat masih belum cukup, jadi kita harus menerapkan misi pendidikan secara lebih meluas lagi."

Orang jahat juga bisa lapar. Dia tidak mengatakan: "Saya selalu menolong orang miskin setempat, mengapa mereka masih merampok diriku?" Tetapi mengingatkan diri sendiri: "Apa yang saya perbuat masih belum cukup, saya harus lebih bersungguh hati lagi dalam berbuat." Inilah kelapangan dada mereka!

Insan Tzu Chi di Afrika Selatan telah menggarap lahan berkah selama hampir 20 tahun dengan kondisi batin demikian dan telah membangun hubungan batin yang kokoh dengan warga setempat, sekarang ini malah ada warga setempat yang mengajukan diri dengan gagah berani untuk melindungi keselamatan diri insan Tzu Chi.

Bersumbangsih bukan hanya memberikan materi saja, melainkan harus "menerapkan kewelas asihan dan kebijaksanaan secara bersamaan".

Pernah kejadian ada seseorang yang demi mendapatkan uang, dia menjual bahan bantuan yang diberikan Tzu Chi, dia juga kerap mengganggu orang lain; namun insan Tzu Chi kembali menemukan namanya dalam daftar penerima bantuan dan bertanya kepada relawan suku Zulu yang melakukan survei, apakah masih mau membagikan bahan bantuan kepadanya? Relawan tersebut menjawab: "Dia juga merupakan orang miskin yang hanya hidup dari bertani. Walau dia adalah orang jahat, namun perutnya juga bisa lapar."
 
"Walau dia adalah orang jahat, namun perutnya juga bisa lapar" --- Lihat betapa penuh pengertian dan penuh kebijaksanaannya para Bodhisattva Suku Zulu itu relawan setempat!

Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar