Jumat, 14 Desember 2012

Keunikan ajaran Buddha Oleh Ajahn Brahm

Keunikan ajaran Buddha
Oleh Ajahn Brahm

Salah satu hal yg unik dlm agama Buddha adalah kita selalu mengundang org utk bertanya . Kita tidak diminta untuk percaya begitu saja (apakah pada kitab, wahyu, kata Si utusan, dll) tetapi kita diajari cara untuk mencari kebenaran.

Ada satu cerita utk memahami apa itu Buddhadhamma.

Beberapa tahun lalu, ada kejadian dimana serg tentara Amerika ' tanpa sengaja ' membuang lembaran salah satu kitab suci dr suatu agama ke dalam lubang kloset. Berita ini masuk di koran-koran, media TV di seluruh dunia. Sptnya si Tentara melakukan Kejahatan Extrem.

Waktu itu Ajahn Brahm di telp seorg wartawan Australia. Ia berkata bhw ia sdh menanyai semua pemimpin keagamaan pertanyaan yg sama.
"Ajahn Brahm, apa yg akan anda lakukan seandainya ada org yg merobek lembaran Tipitaka dan membuangnya ke Kloset ?"

Tanpa ragu, saya menjawab " Kalau ada yg membuang lembaran Tipitaka ke dalam Kloset saya, yg pertama yg akan saya lakukan adalah memanggil Tukang Ledeng" Sebagai Bhikkhu, kami sgt praktis. Saya berkata " Pak, anda bisa saja membuang, merusak Tipitaka, arca Buddha, Vihara, dan mmbunuh para Bhikkhu. Tapi saya tidak akan memperkenankan Anda menghancurkan " ajaran " Buddha.

Saya tdk akan pernah memperkenankan Anda membuang kedamaian, pemaafan, belas kasihan, dan kebijakan ke dlm Kloset".
Buku, arca Buddha, Bhikkhu, Vihara adalah bungkus Luar nya. Apa yang ada di dlm Ajaran Buddha : Kedamaian, pemaafan, Dhamma itulah yg terpenting"

Jadi beritahukanlah HAL penting ini kepada keluarga Anda, rekan anda, sahabat Anda.




Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar