Sabtu, 18 Januari 2014

Niat Baik

Bhante Ericko Pangestu:

Saya pernah mendengar Peribahasa China yang bunyinya seperti ini:

"Bila sekedar mendengar, saya lupa.
Setelah melihat, barulah saya memahami".

Terkadang kita pernah mendengar orang lain berkata:
"kalau kita mau berbuat Kebajikan, kita harus punya NIAT yang kuat". Pernahkan anda mendengar seperti itu? Pokoknya Tentang NIAT dan NIAT!

Kali ini saya melihat dengan mata kepala sendiri, NIAT yang begitu KUAT! Coba bayangkan saja, vihara yang saya tempati saat ini (Vihara Dhammacakka Jakarta) sedang BANJIR
Biasanya kalau tidak banjir umat yang berdana makanan itu banyak sekali ! Tapi saat kebanjiran ini, yang dana makanan hanya beberapa orang saja.

Tetapi, yang membuat saya tergugah yaitu NIAT yang KUAT oleh beberapa orang yang mempunyai tekad. Bayangkan saja mereka harus menerjang banjir dari rumah menuju vihara untuk berdana makanan kepada bhikkhu. Bahkan biasanya datang menggunakan Mobil priti, kini ia datang dengan menggunakan sepeda dan bukan sepeda motor. Kalau Mobil atau motor bisa mogok tapi dengan menggowes sepeda ia bisa sampai ke sini. Mereka rela ngerobok air di vihara yang tingginya hingga selutut, belum lagi kecek-kecekan di dapur yang tergenang air. Mereka datang dengan NIAT yang KUAT dilengkapi dengan atribut jas hujan, payung dan juga plastik.

Saya yakin mereka bukan hanya saja berpikir: "Kalau saya tidak datang membawakan makanan, nanti bhante-bhantenya tidak makan karena tidak ada yang berdana makanan karena Banjir, dengan mempunyai rasa kasihan atau rasa iba". PASTI mereka mempunyai pengertian dan NIAT yang KUAT.

‪#‎EP_VJDJ_Siaga_1‬

Tidak ada komentar:

Posting Komentar