Sabtu, 03 Mei 2014

Diri sendiri...

Diri sendiri...

Di awal thn 1980 di Srilanka diadakan sebuah pameran berlian langka. Hampir seluruh kolektor dari seluruh dunia datang kesana. Di pameran tsb dipajang beberapa berlian mewah namun ada 1 berlian berukuran besar dengan harga selangit dijaga ketat. Pihak panitia bahkan menaruh beberapa ular kobra berbisa agar lebih aman.

Namun 1 kejadian yg tidak disangka terjadi. 4 buah berlian kecil hilang dicuri orang karena penjagaan sepenuhnya diarahkan pada berlian yg paling mahal itu. Padahal bila dijumlahkan harga 4 berlian kecil, sama dengan berlian yg dijaga ketat tsb.

Terkadang dalam mengejar kesuksesan, kita bisa salah fokus. Kita terlalu memikirkan bagaimana mengalahkan para pesaing yg ada & lupa ada hal yg juga sama pentingnya, yg perlu diperhatikan juga, yaitu diri sendiri.

Ya, kerap saking asyiknya berpikir meningkatkan laba, kita kurang peduli terhadap kualitas diri. Padahal keuntungan sebanyak apapun, tidak akan ada artinya jika diri sendiri masih boros. Oleh sebab itu, jangan cuma terus menerus mencermati keadaan di luar tetapi diri sendiri juga harus diperhatikan. Apakah selama ini masih punya kebiasaan buruk ? Apakah masih suka bergaul dengan orang negatif ? Apakah masih sulit mengontrol keinginan ? Yakinlah kalau bisa mengatasi "musuh 2x" yg datangnya dari dalam diri, pasti mampu menghadapi lawan 2x dari luar. Sehingga yg didapat bisa dinikmati seutuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar